http://img98.imageshack.us/img98/9617/image3cr0.gif

Penyebab Komputer Lambat (Lemot)

Minggu, 29 Agustus 2010

Halo para pecinta blog sekalian, kadang kita sering mengeluh, kenapa sih komputer kita lemot?? Nah, disini kita akan membahas kenapa komputer kita bisa lemot.. Nih, penyebabnya..

1. Semakin banyak aplikasi yang kita instal ke pc kita bisa menjadi salah satu penyebabnya, oleh itu uninstal aplikasi yang tidak perlu.

2. Jika kita menggunakan antivirus, jangan lupa menghapus temporari virus yang terdetek (virus vault), semakin banyak temporari semakin lambat antivirus bekerja dan pastilah akan menambah beban pc kita.

3. Banyak aplikasi yang terbaca ketika Start Up. Beberapa software ketika pertama kali diinstal menyediakan pilihan yaitu: ikon ditambahkan pada Desktop dan ikon ditambahkan pada Taskbar Quick Launch. Nah, shortcut atau aplikasi pada desktop ini yang menyebabkan lemot. Semakin banyak icon pada desktop, semakin lemot kinerja komputer.

4. Manajemen Sistem tidak teratur. Komputer yang sering digunakan juga memerlukan penyegaran, salah satunya adalah dengan cara melakukan Scandisk dan Defragmentasi secara rutin minimal satu bulan sekali. Idealnya satu minggu sekali, tergantung frekuensi penggunaan komputer.

5. Pastikan pc kita memiliki memori yang cukup, untuk os (sistem operasi) yang kita gunakan.

6. Pastikan pc kita bebas virus, apalagi virus yang bisa menggandakan file seperti brontok.

7. Banyak file sampah. Ini mungkin yang sering dilupakan banyak orang yaitu tidak mengetahui file-file sampah yang seharusnya dibuang. Yang dimaksud file-file sampah adalah: file pada Recycle Bin, cookies, histroy IE, file bak, file temporary, dll).

8. Selidiki program yang berjalan pada task manager, matikan program yang tidak perlu, dengan blok program dan klik menu and process.

9. Disable starup yang tidak perlu kecuali anti virus.

10. Pilih Kinerja atau Penampilan. Bagi pengguna Windows XP sebaiknya memperhatikan hal ini agar kerja komputer lebih cepat. Memang penampilan Windows XP sangat bagus, ikon-ikon yang ditampilkan berwarna-warni dengan efek mengkilap. Perlu diketahui, tampilan windows yang bagus tersebut membutuhkan memori yang tidak sedikit. Makanya jangan heran bila semakin lama kerja komputer semakin lambat.

11. Proses Shutdown tidak sesuai perosedur. Komputer yang sangat lambat bekerja membuat kita kesal dibuatnya, makin hari kian lambat saja. Kadang-kadang komputer langsung hang secara mendadak ketika sedang asyik bekerja. Kita akan mematikan komputer tersebut dengan cara menekan tombol Restart atau Booting. Hal ini dikerenakan kita tidak bisa mematikan komputer melalui proses Shutdown karena semua tombol keyboard tidak berfungsi.

Semoga bermanfaat....

0 komentar: